Kamis, 11 November 2010

TEKNOLOGI BARU MOBIL TANPA SOPIR

Teknologi Terbaru Google Mobil Otomatis Tanpa Sopir. Google baru saja mengumumkan sebuah pengembangan teknologi yang memungkinkan sebuah mobil berjalan otomatis tanpa sopir, bahkan di tengah keramaian kendaraan. Proyek yang dipimpin oleh Dr. Thurn ini telah diujicoba dengan cara mengelilingi kampus Google di Mountain View ke kantor Google di Santa Monica hingga Hollywood Boulevard dan berbagai tempat lain.Secara keseluruhan mobil otomatis tersebut telah dicoba hingga jarak lebih dari 140.000 mil.

Foto Mobil Tanpa Supir dari Google Inc

Foto Mobil Tanpa Supir dari Google Inc

Untuk mengendalikan mobil otomatis tersebut digunakan kamera video, sensor radar, serta penjejak jarak laser untuk mendeteksi lalulintas dan peta detail yang dikumpulkan secara manual lewat kendaraan bersopir untuk menavigasi jalan yang ada di depan dan disimpan di pusat data Google. Teknologi navigasi ini dikembangkan bersama para insinyur terbaik yang diperoleh lewat DARPA Challenges, lomba balapan kendaraan otomatis yang diselenggarakan oleh pemerintah AS.

Stimulasi Teknologi MObil Tanpa Sopir dari Google

Stimulasi Teknologi MObil Tanpa Sopir dari Google

Selama pengujian oleh Google, kendaraan mobil terbaru otomatis ini belum pernah mengalami kecelakaan tabrakan. Untuk menjamin keselamatan, kendaraan tersebut selalu ditumpangi oleh seorang pengendara keamanan terlatih yang bisa bergerak jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu ditempatkan juga operator perangkat lunak terlatih di tempat duduk penumpang untuk memonitor perangkat lunak yang dipakai. Pada dasarnya, perangkat lunak tersebut akan ‘belajar’ dari rute dan kondisi jalan yang dilewati seperti mengetahui tanda lalu lintas dan garis jalan sehingga mobil sebelumnya bisa beradaptasi dengan karakteristik jalan yang akan dilewati.

Teknologi Mobil Terbaru dengan komputer

Teknologi Mobil Terbaru dengan komputer

Google berharap teknologi ini akan bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan hingga setidaknya setengahnya. Dengan kendaraan otomatis ini maka pengguna juga akan bisa berbagi kendaraan dan otomatis mengurangi volume kepadatan lalulintas maupun tingkat konsumsi energi maupun polusinya.

Teknologi ini masih perlu pengembangan. NYT memperkirakan masih dibutuhkan setidaknya delapan tahun agar teknologi ini bisa dipakai masal. Apakah teknologi seperti di film Knight Rider akan bisa terwujud?

Secara teknologi, Google benar-benar menunjukkan keperkasaannya. Beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan layanan google music, dan kali ini “Teknologi Terbaru Google Mobil Otomatis Tanpa Sopir” kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari raksasa search engine ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar