TIPS MOTOR 4-TAK LARI NGIBRIT.

Sekedar bagi-bagi pengetahuan, saya mempunyai sepeda motor Honda Kharisma 125 D. dan saya paling hobi uprek-uprek, dengan langkah Tune Up supaya performa mesin dan akselerasi bisa meningkat. lebih kenceng dari yang standar, maka langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan diubah adalah:

1. Tingkatkan perbandingan Kompresi, banyak cara untuk meningkatkan kompresi. seperti mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar/memakai spare part racing, persempit ruang bakar yang bisa ditempuh dengan bubut kop silinder. Perlancar saluran dari karburator menuju ruang bakar (IN) dengan memperbesar diameter lubang dan perhalus. Hal serupa juga dilakukan pada saluran EX supaya sisa gas buang yang diteruskan ke Knalpot menjadi lebih lancar.
2. Perubahan durasi pada noken as (camshaft) sangat diperlukan untuk mengatur keseimbangan/keselarasan antara pasokan bahan bakar masuk dan pembuangan sisa pembakaran melalui buka/tutup klep.
3. Gantilah perangkat pengapian dengan menggunakan part yang menghasilkan RPM lebih tinggi dan sudut pengapian yang berbeda.
4. Perubahan pada gear ratio, dengan perbandingan yang lebih dekat atau close ratio.
5. penyesuaian pada campuran bahan bakar dan udara pada Karburator, bisa ditempuh dengan jalan mengganti main-jet dan pilot-jet. sehingga pada saat putaran tinggi tidak kekurangan pasokan bahan bakar yang menyebabkan detonasi atau seperti jangkrik yang menyebalkan.

itulah sedikit pengalaman membuat motor 4-tak tambah kenceng. dan alhasil motor Honda Kharisma saya jadi jarang yang mendahului..

semoga memberikan manfaa

Komentar

Posting Komentar